Cara pengisian atau charging Android lebih cepat

Advertisement
advertisement

Teknologibaru.com. Bagi mereka yang memiliki Smartphone yang memiliki fasilitas fast charging mungkin sedikit lebih lega namun bagi kamu yang memiliki android yang tidak menyediakan fasilitas tersebut bagaimana? Tenang, kami akan berikan beberapa tips adan trik Cara pengisian atau charging Android lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara pengisian atau charging Android lebih cepat dengan jelas:

1. Aktifkan mode air plane

Dengan mengaktifkan mode ini, kinerja smartphone kamu akan semakin ringan oleh sebab itu dapat mempercepat proses charging. Dengan mengaktifkan mode pesawat ini secara otomatis Internet dan data internet akan mati, aplikasi – aplikasi lain masih berjalan dan aktifitas merefresh secara otomatis akan berhenti. Jadi daya baterai yang keluar akan sedikit efeknya akan mempercepat proses charging Android kamu.

2. Matikan fitur yang tidak dipakai

Membiarkan fitur yang tidak kamu pakai tetap hidup akanmemakan daya baterai, dengan demikian proses charging kamu akan lama. Maka dari itu sudah saatnya fitur – fitur yang membuat android kamu membutuhkan daya baterai besar segera dimatikan misalnya GPS, NFS, Wifi dan Bluetooth. Kamu bia hidupkan mereka lagi setelah baterai penuh kembali. Namun perlu kamu ketahui bahwa kalau memang mau hemat baterai, sebaiknya aplikasi – aplikasi yang kamu hidupkan adalah aplikasi yang benar – benar kamu butuhkan.

3. Jagalah agar smartphone kamu tetap dalam keadaan dingin

Jika kamu sering memakai cover untuk smartphone android kamu, sebaiknya jangan tergesa – langsung melakukan charging. Akan lebih baik untuk melepasnya, sebab dalam proses charging smartphone kamu akan terasa panas, dan cover menghalangi uap panas keluar. Oleh sebab itu jika mau pengisian baterai kamu bisa cepa, sebelum charging lepaslah cover smartphone kamu.

4. Jangan charge menggunakan PC atau laptop

Memang dengan aktifitas yang melibatkan PC atau Laptop, kamu yang mau melakukan charging smartphone tidak mau ribet untuk mencari colokan listrik atau terminal listrik atau bisa kita sebut Stop kontak. Kemudian port USB PC atau laptop adalah pilihan cepat untuk melakukan charging baterai smartphone kamu. Perlu kamu ketahui bahwa melakukan pengisian baterai smartphone atau gadget lain dengan PC atau Laptop akanmemperlambat proses pengisian baterai kamu 30 sampai 50 %. Sehingga waktu yang kamu butuhkan untuk proses charging sangat lama.

Pengisian baterai menggunakan PC atau laptop cukup lama karena USB atau port laptop atau PC hanya mempunyai kapasitas 0.5 A dan maksimal untuk USB port 3.0 adalah 0.9 A. kemudian adapter dapat mengisi sampai 1 A.

5. Gunakan kabel dan adapter charger yang Original

Kebnayakn masyarakat umum hanya membutuhkan port yang sma untuk melakukan pengisian baterai smartphone,. Hal ini da benarnya sebab hampir sekitar 90 % lubang port untuk charging smartphone ada kesamaan. Namun peru diketahui bahwa charge dan adapter masing – masing smartphone tidak sama persis.

Begitu pula dengan smartphone yang memiliki fasilitas fast charging, jangan asal pakai charger yang hanya bermodalkan port charge yang sama. Pastikan untuk menggunakan charger, kabel bahkan adapter yang original bawaan Smartphone. Ini akan meminimalisir dampak yang tidak kita inginkan suatu saat serta pasti ini akan mempercepat proses charging baterai kamu.

6. Jangan sering sering melihat proses Charging Smartphone

Layar atau screen memegang peranan utama dalam konsumsi baterai, boleh kamu buktikan dengan melihat pada Setting > Apps > battery. Dapat kamu lihat bahwa screen berada pada urutan pertama untuk aplikasi yang banyak menggunakan daya baterai. Oleh sebab itu jika kamu sering melihat proses charging kamu tentu kamu harus menghidupkan smartphone kamu dan otomatis screen akan menyala. Jadi biarkan daya baterai terisi tanpa adanya gangguan atau pengurangan daya.

7. Aktifkan Mode saving mode untuk baterai

Ketika mode ini diaktifkan, maka aplikasi – aplikasi yang tidak di gunakan otomatis berhenti. Jadi untuk sementara kamu tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi yang terhenti tadi. Aplikasi yang sering menerima notifikasi seperti facebook, whatsapp, BBM, dan lainnya. Jadi jika kamu tidak ingin proses charging kamu terganggu maka aktifkan mode inisekalian giliran kamu untuk istirahat.

8. Matikanlah Gadget

Hal ini sering diabaikan oleh banyak para pengguna gadget apalagi smartphone. Sering kita jumpai para pengguna smartphone yang menggunakannya meski dalam keadaan charging. Ditrambha lagi sekarang dengan hadirnya power bank, jadi seolah – olah smartphone kamu bekerjas terus – menerus. Dengan menghentikan atau mematikan smartphone kamu waktu proses charging maka daya yang masuk ke baterai benar – benar masuk dan tersimpan dengan baik, dan cara ini memang sangat ampuh untuk memaksimalkan proses charging baterai. Kamu akan mendapatkan waktu yang lumayan singkat sebab proses pengisian akan samapai 20 sampai 30 % lebih cepat.

9. Memakai Power Bank

Sebenarnya opsi menggunakan power bank adalah opsi yang fleksibel, namun ini menjadi solusi utama jika baterai samartphone habi. Sebenarnya Powerbank dibutuhkan untuk melakukan charging ketika kita tahu bahwa nanti kiat akan kesulitan untuk menemukan sumber listrik semisal waktu bepergian di gunung atau travelling, melakukan perjalanan yang cukup jauh dan lain sebagainya. Meskipun dengan power bank kita harus tetap mematikan smartphone kita waktu melakukan pengisian baterai agar cepat penuh.

Selain itu kamu harus memastikan kualitas powerbank yang kamu gunakan. Powerbank yang berkualitas mungkin meliki harga yang sedikit mahal dari yang biasa, namun ini akan memberikan pengaruh pada proses charging smartphone kamu.

Demikian tips dan trik Cara pengisian atau charging Android lebih cepat, pastikan bahwa charger original atau adapter untuk smartphone sesuai dengan kebutuhan charging smartphone kamu. Sebab pabrik atau produsen smartphone sudah mempertimabngkan dengan matang ukuran atau daya yang pas yang dikeluarkan adapter untuk keperluan smartphone. Jika kamu mengalami banyak persoalan tenatng pengisian baterai smartphone kamu dan belum menemukan jawaban dari penjelasan yang telah kami sajikan, silahkan erikan pertanyan kamu di kolom komentar di bawah. Sekian dulu semoga informasi dari kami bisa bermanfaat untuk kamu ya, selamat mencoba.

Advertisement
advertisement
Cara pengisian atau charging Android lebih cepat | Teknologi Baru | 4.5