Cara Merekam Video di Android secara maksimal

Advertisement
advertisement

Cara Merekam Video di Android secara maksimal – Apakah kamu suka mengabadikan momen – momen seru dan tak terlupakan? Apakah kamu suka membuat Vlog dan upload ke youtube? Kalau iya, maka kamu harus simak baik – baik artikel ini. Kami akan memberikan tips dan trik untuk membuat video atau merekam video agar hasilnya memuaskan.

Gadget atau smartphone pada saat ini sudah dibekali kamera yang sudah sangat bagus serta dengan kualitas hasilnya sudah sangat bagus. Para pemilik brand smartphone terus meningkatkan dan mengembangkan produk mereka lebih bagus lagi demi memenuhi kebutuhan pasar yang juga terus meningkat tentunya. Sebagai contoh adalah kamera, meski kamera identik dengan gambar atau foto, tetapi kamera juga mengambil peran yang sangat penting dalam pengambilan gambar yang dapat kamu pakai untuk merekam situasi atau moment dalam bentuk video.

Tidak semua orang mampu untuk merekam video dengan baik meski didukung dengan kamera yang canggih dari smartphone mereka. Perlu adanya latihan dan kamera dalam kondisi yang optimal agar menghasilkan kualitas video yang bagus. Berikut ini kami akan berikan teknik atau Cara Merekam Video di Android secara maksimal agar hasil rekaman kamu semakin bagus.

1.Rajin membersihkan lensa kamera

Lensa kamera kerap disepelekan oleh orang, mungkin dengan berbagai alas an misalnya tidak tahu menahu tentang kamera, ada juga yang tidak peduli dengan kamera karena bentuknya kecil dan letaknya agak tersembunyi dan sebagainya. Kamera khususnya lensa kamera merupakan hal yang sangat penting dan utama yang menjadi perhatian bagi mereka yang suka merekam video. Kamera akan sering kotor jika tidak sering dibersihkan. Kenapa kamera sering kotor? Sebab utama adalah debu yang menempel, selain itu tanpa sadar tangan kamu menyentuh kamera baik depan maupun belakang dalam keadaan kotor. Maka dari itu kamu harus sering – sering untuk membersihkan kamera kamu.

Kamu bisa membersihkan sendiri kamera smartphone kamu dengan mudah. Cara yang paling gampang adalah dengan membersihkan kamera dengan cukup menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada kamera dengan menggunakan tissue arau kain yang halus. Lakukan pembersihan kamera dengan rutin, jangan hanya ketika akan merekam atau mengambil gambar saja.

2.Jangan tutup microphone

Selain tampilan foto atau video, microphone juga sangat penting terlebih lagi jika kamu ingin melakukan aktifitas perekaman. Pada saat melakukan perekam memang microphone menjadi alat atau sarana untuk merekam suara dan perlu kamu tahu kerusakan microphone akan kamu ketahui jika sudah memutar hasil rekaman kamu. Jika rusak, maka hasil rekaman kamu tidak ada suaranya atau bisu. Jadi lakukan pengecekan terhadap microphone dan hindari jari – jari kamu agar tidak menutupi microphone agar tiak menutupi lubang microphone yang sangat kecil itu.

3.Pakailah kedua tangan

Selain kamera atau smartphone, factor dari tangan kita menjadi topic selanjutnya. Jika kamu pernah merekam video dengan satu tangan maka sebaiknya mulailah dengan menggunakan kedua tangan kamu. Hal ini dikarenakan bahwa dengan merekam video dengan menggunakan satu tangan, focus perekaman akan goyah, terjadi goncangan dan kadang – kadang terjadi getaran pada hasil video nanti. Oleh karena itu merekam dengan satu tangan tidak disarankan.

Aktifitas perekaman yang kami sarankan adalah dengan menggunakan kedua tangan. Kedua tangan lebih bisa menjaga dan menjaga smartphone Android kamu agar stabil. Sehingga dalam pengambilan video lebih halus dan focus untuk mengahasilkan rekaman yang berkualitas dan maksimal.

4.Posisi Horizontal

Posisi horizontal saat merekam video adalah posisi yang terbaik, sebab ada beberapa orang yang tidak terlalu mengerti cara perekaman video yang memposisikan smartphone secara vertical. Perlu untuk kamu ketahui bahwa merekam dengan posisi Horizontal memiliki banyak keuntungan misalnya lebih banyak merekam gambar atau landscape-nya terambil, segi keindahan dari objek akan terlihat atau kamu akan mendapatkan nilai estetika sebuah video, lebih mudah dan terasa nyaman dan masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa coba untuk mebandingkan hasil rekaman kamu dalam posisi horizontal maupun dengan posisi vertical tentu dengan objek yang sama.

5.Hindari Contrast dari cahaya terlau tinggi

Sebaiknya kamu harus memperhatikan betul pada daerah yang akan kamu rekam. Pastikan bahwa kontras cahaya benar – benar cukup tidak terlalu rendah atau tinggi. Baik contrast cahaya yang terlalu rendah atau terlalu tinggi tidak disarankan untuk melakukan aktifitas perekaman video. Sebab smartphpone kamu akan berusaha untuk menyeimbangkan cahaya di area – area tersebut. Kamu harus bisa memprediksi kondisi yang bagus tentu dengan pencahayan yang tepat untuk melakukan perekaman serta jangan terlalu memaksakan untuk merekam pada kondisi yang minim cahaya atau yanag terlalu banyak cahaya sebab hasilnya kurang maksimal.

6.Baterai penuh

Selain kondisi lensa kamera, sudut pengambilan gambara atau video dan pencahayaan, kondisi baterai yang penuh adalah factor penunjang yang sangat penting untuk merekam video. Jika baterai kamu lemah sebaiknya charge terlebih dahulu sampai penuh. Selain itu dengan adanya fitur 4K pada smartphone tipe tertentu akan menguras daya baterai kamu. Jika kamu ingin mengabadikan momen berharga kamu pastikan kondisi baterai kamu penuh dan tidak mengalami drop.

7.Memori bersih

Memori yang bersih adalah hal penting selanjutnya yang perlu kamu ketahui. Jika memori kamu penuh apalagi dengan file – file yang tidak penting maka hasil video kamu tidak akan maksimal. Terlebih lagi jika kamu ingin merekam dengan menggunakan kamera smartphone dengan fitur 4K video, maka hasilnya nanti kaan cukup memakan space memori. Di tambah lagi dengan file- file yang telah kamu ambil sebelumnya akan terus tersimpan dan memakai space memori kamu.

Sebaiknya kamu harus menyeleksi file mana yang harus dibuang dan yang disimpan. Jika file kamu penting maka siapkan memori external dan siapkan memori internal yang benar – benar bersih atau kosong. Kamu harus siap atau waspada jika ditengah – tengah proses perekaman ternayata memri kamu tidak cukup.

8.Hindari gerakan gelap ke terang

Gerakan pindah gelap ke terang secara langsung tanpa adanay peralihan yang perlahan – lahan akan membuat kontras balance akan mengalami tampilan yang buruk. Nantinya kan timbul bayangan berwarna putih pad ahasil video yang telah kamu ambil. Selain itu, hal ini juga berlaku sebaliknya yaitu pada proses perekaman dari terang ke gelap secara langsung. Untuk itu kamu harus sering – sering melakukan latihan dan berkonsultasi pada ahlinya jika ingin hasil rekaman kamu bagus dan keren.

9.Jangan Zoom

Pada saat melakukan aktifitas perekaman, usahakan jangan melakukan zoom pada objek kamu. Hal ini dikarenakan tampilan objek kamu akan pecah dan pastinya hasilnya tidak memuaskan. Hal ini tidak hanya berlaku pada proses pengambilan video atau merekam video tetapi juga pada saat melakukan pengambilan gambar atau foto. Oleh sebab itu kamu harus menghindari aktifitas zoom untuk memperoleh hasil yang maksimal.

10.Perhatikan gerakan

Jika kamu belum pernah atau belum terbiasa untuk melakukan aktifitas perekaman maka hasilnya telihat, terutama pada saat peralihan dari tempat satu ke tempat lain, dari objek satu ke objek lain. Gerakan ketika merekam yang tidak teratur dan tidak halus akan mempengaruhi hasil rekaman kamu. Usahakan agar gerakan kamu halus, perlahan – lahan, dengan ritme yang sama dan janga pernah bergerak naik turun dengan cepat, nanti akan terlihat seperti lompat – lompat atau seperti terjadi goncangan yang hebat. Efek dari gerakan – gerakan yang tinggi akan menghasilkan rekaman kamu jadi tidak maksimal.

11.Gunakan HDR video

Seiring dengan berkembangnya kecanggihan teknologi pad gadget terutama smartphone, juga mempengaruhi hasil sebuah rekaman video. Ada fitur – fitur tertentu yang dapat menunjang hasil rekamn kamu menjadi sangat bagus misalnya fitur HDR atau High Dynamic Range. Jika smartphon ekamu memiliki fitur ini, maka gunakan jangn disia – siakan. Hal ini dikarenakan HDR video dapat merekam video dengan kontras yang lebih baik dibandingkan dengan mode standart, terlebih lagi jika kamu melakukan aktifitas perekaman diluar ruangan.

Sekian dulu informasi dari kami tentang Cara Merekam Video di Android secara maksimal. Jiak kamu masih mengalami atau mendapatkan hasil yang kurang maksimal dalam mengambil aatu merekam video silahkan tanyakan dan share di kolom komentar di bawah. Semoga infromasi dari kami ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisement
advertisement
Cara Merekam Video di Android secara maksimal | Teknologi Baru | 4.5