Cara Merekam Percakapan Telpon Di Smartphone Android

Advertisement
advertisement

Cara Merekam percakapan telpon di smartphone android – pernahkah kamu memikirkan bagaimana suara percakapan telpon itu direkam? apa gunanya? Mungkin kalau hanya sekedar iseng, memang terdengar tidak ada manfaatnya, akan tetapi jika rekaman itu kamu butuhkan untuk barang bukti misalnya atau untuk memberikan kesaksian atau malah ada kaitannya dengan suatau kerjaan. Pasti aktifitas merekam menjadi sangat penting dan di butuhkan. Yang menjadi pertanyaan adlah apakah smartphone ada fitur untuk merekam percakapan telpon? Menurut beberapa sumber ternyata fitur yang dapat merekam percakapan telpon masih belum ada, meskipun dengan smartphone yang tercanggih sekalipun.

Jika memang hal ini sangat kamu butuhkan, maka jangan khawatir sebab kami akan berikan beberapa tips dan trik merekam percakapan telpon untuk kamu. Loh kok bisa sedangkan fitur untuk merekam percakapan tidak ada atau masih belum ada di smartphone? Alangkah baiknya jika kamu selesaikan dulu membaca sampai tuntas.

Catatan: merekam suatu panggilan adalah kegiatan yang illegal jika tidak ada izin dari kedua belah pihak. Oleh sebab itu para agen call center sering meminta izin sebelum melakukan proses perekaman sebuah panggilan. Untuk lebih jelas mengenai hokum atau undang – udang yang mengatur perekaman bisa kamu cari atau browse di internet. Kami hanya memberikan tips dan trik untuk perekaman sebagai pengetahuan, segala resiko dan selebihnya adalah tanggung jawab pembaca.

Berikut ini beberapa Cara Merekam percakapan telpon di smartphone android, akan kami jabarkan secara jelas:

Cara Pertama, dengan menggunakan aplikasi Call recorder by Boldbeast

Cara Merekam percakapan telpon di smartphone android dengan mengunakan aplikasi ini juga memerlukan langkah – langkah:

  • Kamu harus men-download dari Google playstore
  • Masuk ke Play store lalu ketik keyword “ Call recorder by boldbeast”
  • Setelah ketemu, download lalu install aplikasinya

Cara mengoperasikannya:

Setelah menginstall aplikasinya, buka aplikasinya. Ketika aplikasi tersebut terbuka kam selanjutnya muncul sebuah layar yang terdapat 1 tombol dan 2 opsi atau pilihan pada toolbar di bagian atas di sebelah kanan. Tekan 2 kali tombol record bukan 2 kali klik secara pelan – pelan untuk memulai proses perekaman. Selanjutnya tekan dua kali untuk menghentikan perekaman, kemuidan muncul dialog yang akan kamu gunakan untuk menyimpan rekaman tersebut. Lihat gambar berikut!

Hal yang akan kamu lakukan selanjutnya adalah buka setting, caranya dengan menekan tombol setting pada android kamu, lalu pilih setting ketika keluar menu “pop up”

Aplikasi ini akan secara default menyimpan pada internal memori, tetapi kamu dapat merubah sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk mengatur panggilannya, kamu pilih menu call setting pada Setting.

Aplikasi Call recorder by boldbeast akan secara otomatis merekam setiap panggilanm yang masuk ataupun panggilan yang keluar. Agar kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan maka sebaiknya harus kamu atur, karena tidak semua panggilan baik masuk amaupun keluar akan kamu rekam. Jika kamu tidak ingin merekam kamu bisa mengaturnya pada pilihan auto record call di menu call setting dan menonaktifkannya.

Kamu juga bisa memilih kontak atau siapa saja yang akan direkam secara otomatis ketika melakukan panggilan atau menerima panggilan. Sebab ada fitur didalamnya yang bisa digunakan untuk memilih kontak mana saja yang otomatis di rekam mialnya kolega, rekan bisnis, pacar atau kelurga, sedangkan untuk kontak lainya tidak akan merekam secara otomatis.

Catatan: aplikasi ini tidak sepenuhnya bisa diterapkan atau di install di semua smartphone, jadi jika kamu mencoba untuk meng-install dan ternyat tidak bisa, kemungkinan smartphone kamu tidak compatible dengan aplikasi ini.

Setelah kamu mengatur pada pengaturan tentang auto record calls dialog, kamu kembali ke layar pengaturan panggilan, aplikasi ini secara otomatis akan menyimpan rekaman percakapan kamu. Jika kamun ingin menyimpannya, maka kamu harus ke pengaturan dan pilih atau centang pada kotak “ask before save”.

Jika kamu sudah setting ask before save, maka setiap kamu selesai melakukanpanggilan akan muncul dialog yang kan menanyakan apakah disimpan atau tidak, terlihat seperti gambar di bawah.

Kamu akan bisa mengakses hasil dari rekaman kamu dan memutarnya dengan cara tap gambar gagang telpon pada layar bar diatas sebelah kanan aplikasi. Lihat gambar di bawah ini.

Setelah menekan tombol tersebut, kamu akan mendapatkan list panggilan yang sudah terekam, lalau kamu tinggal pilih panggilan mana atau rekaman man yang akan kamu putar. Berikut gambarnya.

Kamu harus bersabar jika aplikasi ini ternyata berbayar. untuk bisa mendapatkan versi full-nya dan merasakan manfaatnya kamu harus membelinya dan masa trial nya hanya 7 hari dan waktu untuk merekam di batasi. Namun jiak kamu seorang yang membutuhkan apliksi ini untuk bisnis, sebagai barang bukti misalny kamu sebagai wartawan atau pengacara mungkin juga instansi pemerintahan apa salahnya membeli, demi menunjang kegiatan kamu.

Cara kedua dengan menggunakan Aplikasi Automatic Call Recorder

Untuk bisa menggunakannya kamu harus men-dowlaod dulu aplikasi ini di Google Playstore. Setelah itu install aplikasinya dan siap untuk digunakan merekam panggilan. Aplikasi ini memiliki 2 versi, versi pertama adalah versi biasa dan versi kedua adalah versi Pro. Versi pro adalah versi berbayar, keunggulan dari versi kedua ini tentu jauh lebih baik dari versi biasa.

Cara mengoperasikan Aplikasi Automatic Call Recorder:

  • Setelah aplikasi ini terinstall pada smartphone kamu, selanjutnya adalah masuk Setting
  • Selanjutnya klik atau centang Record Call
  • Setelah itu, pada media setting ganti tipe file ke WAV. Tipe WAV ini gampang diputar di pemutar musik atau suara.
  • Langkah selanjutnya mengganti Default Source ke mic

Bukalah aplikasi telepon dan menelepon seseorang, kamu akan dapat mencoaba menelepon nomer bebas pulsa atau nomer teman – teman kamu untuk mencobanya.

Ketika panggilan sedang berlangsung, kamu akan melihat titik merah di sudut kiri atas status bar. Gesek ke bawah notifikasi titik merah tersebut dan kamu akan melihat bahwa panggilan sedang direkam.

Setelah panggilan selesai, kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kamu memiliki satu pesan atau panggilan yang sudah direkam, tekan pemberitahuan tersebut, selanjutnya kamu akan masuk ke layar dimana kamu akan di beri berbagai pilihan untuk play, delete, share, save, add notes, check contak history, contact details dari rekaman – rekaman yang sudah kamu buat sebelumnya.

Demikian 2 langkah atau cara untuk Cara Merekam percakapan telpon di smartphone android.Diluar sana masih banyak cara atau aplikasi yang dapat kamu pilih untuk merekam panggilan di smartphone android. Silahkan tuliskan komentar kamu setelah menggunakan aplikasi di atas atau aplikasi lainnya di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Advertisement
advertisement
Cara Merekam Percakapan Telpon Di Smartphone Android | Teknologi Baru | 4.5