Cara Meningkatkan RAM pada Smartphone Android

Advertisement
advertisement

Cara meningkatkan RAM pada Smartphone Android – pernahkah kamu merasakan smartphone kamu merasa lambat atau lemot? Mungkin RAM adalah penyebabnya, hal ini dikarenakan RAM terlalu penuh. Ketika RAM penuh dan smartphone kamu menjadi lag, maka dampak yang dapat kamu raskan adalah baterai menjadi boros, smartphone kesayangan kamu akan cepat panas dan lainnya. Tentu ini akan berdampak hal yang kurang kamu inginkan.

Sebelumnya apa yang kamu ketahui tentang RAM?

RAM atau Random Acces Memory merupakan hal yang akan ditanyakan terlebih dahulu ketika seseorang mau membeli smartphone dan PC serta laptop.RAM merupakan perangkat – perangkat yang bekerja untuk melakukan sesuatu. Misalnya ketika kamu ingin meng-edit foto maka aplikasi yang kamu gunakan untuk meng-edit foto berada di RAM. Ketika kamu selesai meng-editnya kemudian kamu simpan di perangkat penyimpanannya sehingga tidak hilang. Semakin banyak RAM yang kamu miliki atau semakin tinggi maka semakin banyak pula yang dapat dilakukan oleh RAM misalnya memiliki tab pencarian yang lebih banyak, lebih banyak aplikasi yang berjalanatau memiliki fitur yang banyak.

cara menggunakan ram manager pro untuk mempercepat android yang lemot

Masalah pada RAM tidak hanya berkaitan dengan pengosongan dan juga aplikasi tidak selalu bermasalah juga. namun banyak proses system berjalan ketika kamu tidak menggunakannya dan ketika tidak dibersihkan setelah menggunakannya. Setelah beberapa saat akan terjadi masalah yaitu kinerja smartphone kamu menjadi lambat dan bahkan aneh. RAM adalah komponen fisik dari perangkat kamu sehingga tidak hanya dengan stick. Selanjutnya apa yang akan kamu lakukan agar RAM kamu bisa menjadi tempat untuk berbagai penyimpanan? Berikut ini kami jelaskan mengenai Cara meningkatkan RAM pada Smartphone Android untuk kamu:

Pertama, meningkat RAM tanpa lakukan ROOT

Setelah kamu tahu apa itu RAM, selanjutnya akan kami tunjukan bagaimana cara menggunakannya. Pada bagian awal, kita akan bahas tentang tips untuk perangkat non-Root. RAM pada smartphone tidak bisa di tambah, namun kamu bisa memaksimalkan agar kinerja smartphone kamu lebih baik. Secara sederhananya, RAM sangat berpengaruh pada kinerja smartphone semakin tinggi aktifitasnya amak RAM yang dibutuhkan juga banyak atau besar. jadi jika bisa mengurangi aplikasi yang tidak digunakan atau hanya mengaktifkan aplikasi yang kamu gunakan saja. Hal ini bisa menyediakan ruang dalam memori smartphone kamu semakin luas. Jadi ini harap kamu perhatikan dengan sungguh – sungguh.

Kedua, batasi penggunaan Widget dan Wallpaper bergerak

Jika kamu sangat menyukai Widgets dan wallpaper bergerak, maka berfikir dua kalilah untuk memasang lagi di smartphone kamu. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut memerlukan RAM yang lebih besar. selain itu hal yang dijelaskan diats yaitu aplikasi – aplikasi yang masih aktif akan menambah kinerja RAM jadi lebih berat. Selain itu akan menyebabkan baterai smartphone kamu cepat habis. Maka dari itu, lakukan aktifitas refresh dan batasi jumlah aplikasi atau fitur yang memberatkan kinerja RAM sehingga memory pada RAM akan optimal.

Ketiga yaitu menonaktifkan Aplikasi yang tidak di gunakan

Ketika memiliki aplikasi yang beragam dan memiliki fungi yang kamu butuhkan memang akan membuat smartphone kamu semakin keren. Namun perlu kamu tahu bahwa ada beberapa Aplikasi yang membutuhkan RAM ketika mereka tidak sedang kamu gunakan. Sehingga tanpa kamu sadari terjadi kelemahan pada RAM samrtphone kamu. Maka kamu harus bisa memilah – milah aplikasi apa saja yang seharusnya kamu gunakan atau tidak. Memang hal ini memakan waktu yang tidak sebentar, namun jika kamu menerapkan pada smartphone kamu maka kinerja smartphone kamu akan lebih baik dari sebelumnya.

Cara untuk menonaktifkan aplikasi carnya cukup mudah, masiuk ke setting > aplikasi > manage aplikasi. Setelah itu masuk ke all tab untuk mendpatkan daftar dari seluruh aplikasi yang sudah terinstall di Smartphone kamu. Langkah selanjutnya untuk menonaktifkan aplikasi dengan klik lalu pilih nonaktif dan confirms. Hati – hati dalam menonaktifkan aplikasi, dengan kata lain jangan asal menonaktifkan aplikasi sebab salah – salah malah kamu akan memperlambat system kerja dari smartphone kamu atau yang lebih buruk terjadi eror. Pastikan bahwa menonaktifkan aplikasi yang beanr – benar tidak kamu pakai.

Keempat adalah menonaktifkan Animasi

Tanpa kamu sadari animasi bisa mencuri RAM dan apalagi jika tidak begitu penting maka RAM kamu semakin berat. Kamu bisa mengelola hal ini dengan memilih pilihan di development. Untuk bisa mengaktifkan pilihan development di perangkat kamu. Silahkan masuk ke setting > tentang handphone > selanjutnya tekan jumlah nomer sebanyak tujuh kali sampai pemberitahuan bahwa kamu menjadi developer. Harap diketahui bahwa hal ini tidak memiliki efek buruk pada gadget kamu, sebab hal ini hanya menambahkan menu pilihan developer di pengaturan kamu. Kamu hany berhati – hati ketika berkaitan dengan di area tersebut.

Ketika kamu telah selesai, kembali ke pengaturan telepon kamu dan selanjutnya tekan ke bawah untuk pilihan developer. Kemudian, masuk ke bagian Drawing dan mematikan pilihan – pilihan sebagai berikut. Maka RAM kamu akan benar – benar semakin ringan kinerjanya

  • Skala animasi jendela
  • Skala animai transisi
  • Skala durasi animator

Selanjutnya adalah cara meningkatkan RAM ketika samartphone kamu memiliki akses ROOT

Setelah sebelumnya kami telah jelaskan tentang meningkatkan RAM tanpa akses ROOT, nah untuk kali ini kami akan bahas bagaimana meningkatkan RAM samartphone kamu dengan akses ROOT. Terlebih dahulu membuat partisi di kartu memori SD kamu, yang nantinya akan bertindak sebagai sumber skunder RAM. Agar kamu bisa melakukan hal ini, kamu akan menggunakan RAM ROEHSOFT Expander (SWAP) aplikasi. Kamu bisa download aplikasi ini di Playstore.

Berikutnya adalah langkah – langkahnya untuk meningkatkan RAM dengan memiliki akses ROOT:

  • Kapasitas kosong dari memori SD dipakai sebagai RAM (SWAP RAM/SWAP Memory)
  • Gunakan RAM SWAPfile hingga 4.0 ( memaksimalkan)
  • No limit dari dari partisi SWAP
  • Tidak Menurunkan kinerja ketika pagedpada kartu SD dari kelas-8
  • Widget untuk PNP swap (on / off SWAP)
  • Analisa dan detail informasi
  • Auto run
  • Kernel SWAPPINESS parameter set
  • Mudah digunakan dengan 1 kali klik dan otomatis menghitung
  • Compatible semua jenis android ( akses ROOT dan di dukung Kernelswap)
  • Kamu memerlukan minimal kartu memori SD 4, lebih tinggi lebih baik

Langkah selanjutnya adalah dengan memeriksa kompatibilitasa dari perangkat kamu

Sebelum kamu menggunakan ROEHSOFT RAM Expander, alangkah baiknya jika kamu memeriksa bahwa perangkat kamu kompatibel. Unggah info tentang memori dan periksa SWAP file. Mulai Aplikasi dan memberikan tempat untuk Super User. Carnya klik start untuk menguji Ram Expander di bagian bawah layar. Kemudian klik hasil. Jika muncul selamat, mak perangkat ini kompatibel dengan aplikasi RAM.

Kemudian meng-install SWAP

Jika kamu mempunyai handset yang kompatibel, maka men-download dan memulai ROEHSOFT RAM expander (SWAP) aplikasi dan jalankan aplikasi. Silahkan akses ROOT dan pilih bahasa. Pakailah Slider untuk memilih jumlah ruang yang kamu inginkan untuk memberikan ruang pada partisi SWAP anda. Tekan “ opsi optimal” untuk secara otomatis menyesuaikan pengaturan untuk kinerja yang lebih baik dan” auto run” harus diaktifkan juga. Kemudian tekan SWAP active untuk menyelesaikan proses.

Sekarang system kamu sudah memiliki RAM yang lebih besar serta kinerja semakin lebih baik lagi. Sebab sudah didukung dengan memori kartu SD kamu. Perhatian bahwa proses ini berarti kartu SD tidak dapat diakses lagi computer.

Demikian cukup dari kami tentang Cara meningkatkan RAM pada Smartphone Android, jika ada saran silahkan masukan di kolom komentar di bawah. semoga informasi dari kami ini bisa membantu. Terimakasih dan selamat mencoba.

Advertisement
advertisement
Cara Meningkatkan RAM pada Smartphone Android | Teknologi Baru | 4.5