Cara menggunakan google maps di Android secara Offline

Advertisement
advertisement

Kamu suka jalan – jalan atau travelling? Ada kalanya kamu pernah mengalami masalah dengan arah atau tempat yang masih asing. Sebagai contoh misalnya ketika pergi ke suatu tempat yang masih asing dan kamu tidak memiliki seorang penunjuk arah, pasti kamu membutuhkan map. Jaman sudah maju, jadi kamu tidak perlu membawa map kertas yang lebar danb ribet cukup mengandalkan Google map. Namun apakah tempat tujuan kamu itu ada sinyal yang kuat untuk mendukung Google map? Ini juga merupakan faktor penting yang tidak bisa dipisahkan dari google map.

Jangan khawatir, kamu tetap bisa menggunakan google map meski sinyal lemah atau malah tidak ada sinyal sama sekali. Loh kok bisa? Tentu saja bisa, sebelum kita bahas caranya, sebaiknya perhatikan hal – hal penting ini yaitu sebelum kamu pergi kesebuah tempat dimana kamu belum pernah mengunjunginya, alangkah baiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Karena dalam penjelasan kami ini menggunakan Google map secara offline maka kamu harus men-download maps terlebih dahulu. Google memberi batasan – batasan jika kamu tidak bisa mendownload map setengah Asia maka akan keluar peringatan, maka kamu hanya bisa men-download 1 area atau daerah saja. Berikut ini kami akan jelaskan tentang Cara menggunakan google maps di Android secara Offline.

  • bukalah aplikasi Google maps
  • carilah tempat yang akan kamu kunjungi
  • tap pada nama tempat tersebut
  • lihat di pojok kanan aplikasi terdapat 3 titik, pilih 3 titik itu untuk membuka “option”
  • pilih save offline map

selanjutnya bacalah penjelasan lanjutan di bawah ini

aplikasi akan meminta kamu untuk memperbesar atau “Zoom” tempat yang sudah kamu pilih. Semakin kecil daerah yang kamu pilih maka akan semakin mudah untuk map melakukannya. Namun jika daerah yang kamu download terlalu besar maka aplikasi akan member kamu peringatan untuk mengakses maps yang sudah kamu download, buka aplikasi Google map, kemudian scroll kebawah sampai kamu melihat downloaded maps dan selanjutnya lihatlah, Google map dapat kamu gunakan meski tanpa menggunakan koneksi internet dengan sangat baik. Jika sesuatu tidak sesuai dengan biasanya, pasti memiliki kelemahan, namun kelemahan tersebut bisa kamu minimalisir.

Berikut ini kelemahan – kelemahan dalam menggunakan Google maps secara offline:

  1. Kamu tidak bisa menggunakan fitur informasi tentang live traffic dan tempat atau fasilitas umum misalnya terminal, stasiun, bandara dan lainnya.
  2. Android hanya menyimpan maps yang telah kamu download selama 30 hari, setelah akan terdelete secara otomatis.
  3. Kamu tidak bisa menggunakan GPS, namun kamu juga bisa mengunakan aplikasi GPS secara offline misalnya Waze Social GPS Maps & traffic, Maps.Me – Offline Map & Routing, Navmii GPS World (Navfree), GPS navigation & Maps by Sygic, copilot GPS, MapFactor: GPS Navigation, OsmAnd Maps dan navigation, dan kamu bisa download semua aplikasi diatas di Playstore.

Demikian informasi mengenai Cara menggunakan google maps di Android secara Offline yang dapat kami berikan. Jika kamu mempunyai punya masukan dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Silahkan berikan komentar kamu dan selamat mencoba.

Advertisement
advertisement
Cara menggunakan google maps di Android secara Offline | Teknologi Baru | 4.5